Senin, 06 Mei 2013

POLA HIDUP SEHAT

PENTINGGA POLA HIDUP SEHAT

APA ITU POLA HIDUP SEHAT?
Pola hidup sehat bisa diartikan sebagai suatu perencanaan yang dilakukan untuk tujuan mencapai kualitas hidup yang sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit.
APA MACAM-MACAM POLA HIDUP SEHAT?
Dibawah ini ada beberapa macam-macam pola hidup sehat diantaranya :
1.    Kurangi konsumsi makanan instan atau cepat saji.
Pada makanan instan ada zat pengawet yang jika di konsumsi secara berlebihan maka akan membahayakan kesehatan
2.    Mulailah berolahraga secara rutin. kesibukan memang terkadang membatasi kegiatan kita,. Namun tidak alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga tidak harus dilakukan di tempat gym atau stadion saja.Misalnya, mulailah untuk menghindari lift dan memakai tangga secara manual. Selain dapat membakar kalori, naik tangga juga dapat menjadikan kaki lebih kuat.
3.     Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. buah dan sayuran adalah nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Selain memberikan asupan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, serat yang ada pada kedua bahan makanan tersebut dapat berguna untuk mengikat zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, misalnya lemak yang berlebihan.
4.     Jauhi Narkoba. Pemakaian obat-obatan terlarang dapat dipastikan akan merusak kesehatan Anda. Bukan hanya fisik, namun pemakaian Narkoba juga dapat merusak jaringan otak dan membuat mental seseorang terganggu.
5.    Perbanyak konsumsi air putih. Air putih dapat memberi asupan mineral yang diperlukan tubuh dan mencegah tubuh dari dehidrasi.
6.    Hindari minuman beralkohol. Konsumsi alkohol berlebihan akan merusak hati Anda.
7.     Hentikan kebiasaan merokok. Dari seluruh penelitian tentang kebiasaan merokok, seluruh hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa merokok itu dapat merugikan kesehatan.
8.    Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik dapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik.
9.    Sedapat mungkin hindari bahan pangan atau bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker. Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami (bukan di-bleach). Gunakan pewarna dari bahan makanan misalnya warnet coklatnya dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Perbanyak makan buah dan sayuran.
Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.
10.  Perbanyak minum air putih, mineral 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.
APA DAMPAK NEGATIF AKIBAT DARI POLA HIDUP SEHAT ?
1.    Sering sakit-sakitan sehingga kesehatannya terganggu
2.    Sering keluar keringat dingin yangkni akibat tidah pernah berolahraga sehingga kondisi badah kurang sehat dan sering mengantuk.
3.    Penglihatannya kurang jelas, mungkin karena kurangnya makan-makan’an yang mengandung sayur dan kuah.
4.    Sering memakan-makanan yang tidah mengkuti aturan sehingga dapat mengakibatkan sakit pada perut maupun otak.

2 komentar:

  1. itu tadi ada "hentikan kebiasaan merokok", gimana tuh cara menghentikan kebiasaan merokok? kan buat para pecandu rokok, pasti sulit buat berhenti merokok secara langsung...

    BalasHapus
  2. pengin tau caranya ?
    atau pengin tau banget?
    jawab ngga yah hahahahahah :P

    BalasHapus