Minggu, 07 April 2013

LATAR BELAKANG KEHIDUPAN KELUARGA

     A.    LATAR BELAKANG KEHIDUPAN KELUARGA
Kehidupan keluarga tidak terlepas dari sistem nilai yang ada dalam masyarakat yaitu agama, adat istiadat, nilai-nilai sosial, dan nilai-nilai kesakralan keluarga. Dimana sistem nilai tersebut sering mengalami degradasi, misalnya degradasi agama yaitu pada saat ini banyak umat yang kurang taat beribadah sebagaimana diperintahkan oleh agamanya. Untuk kondisi keluarga modern sendiri mempunyai ciri utama kemajuan dan perkembangan di bidang pendidikan, ekonomi, dan pergaulan. Dalam keluarga ada kalanya mengalami krisis maksudnya kehidupan keluarga dalam keadaan kacau, tak teratur dan terarah, orang tua kehilangan kewibawaan untuk mengendalikan anak-anaknya. Faktor-faktor penyebab terjadinya krisis keluarga yaitu kurang atau putus komunikasi diantara anggota keluarga terutama ayah dan ibu, sikap egosentrisme, masalah ekonomi, masalah kesibukan,pendidikan,perselingkuhan,jauh dari agama. Cara pemecahan krisis keluarga ini ada dengan dua cara yaitu cara tradisional seperti diperlukannya kearifan kedua orang tua dalam menyelesaikan masalah dan perlunya bantuan orang bijak seperti ulama atau ustadz, cara yang kedua yaitu cara modern (ilmiah) seperti melakukan konseling keluarga.
Ada beberapa menurut para ahli.
- Keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga (Duvall dan Logan, 1986).
- adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain, mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya
- unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan (Departemen Kesehatan RI, 1988).
Kesimpulan keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi, yang saling berinteraksi satu sama lain yang bertujuan untuk mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan yang terdapat dalam dirinya, baik perkembangan fisik, mental, emosional, maupun sosial, dimana mereka berkumpul dalam satu atap dan saling ketergantungan
Suatu keluarga setidaknya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Terdiri dari orang-orang yang memiliki ikatan darah atau adopsi.
- Anggota suatu keluarga biasanya hidup bersama-sama dalam satu rumah dan mereka membentuk satu rumah tangga.
- Memiliki satu kesatuan orang-orang  yang berinteraksi dan saling berkomunikasi, yang memainkan peran suami dan istri, bapak dan ibu, anak dan saudara.
- Mempertahankan suatu kebudayaan bersama yang sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas.
Peran keluarga adalah serangkaian perilaku yang diharapkan sesuai dengan posisi sosial yang diberikan. Yang dimaksud dengan posisi atau status adalah posisi individu dalam masyarakat, misalnya status sebagai istri/suami atau anak.
Berikut ini peran keluarga antaralain
- Peranan ayah : pencari nafkah, pelindung dan pemberi rasa aman, kepala keluarga, sebaagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.
- Peranan ibu : mengurus rumah tangga, pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu anggota kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, serta bisa berperan sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.
- Peranan anak : melaksanakan peranan sesuai dengan tingkat perkembangannya, baik fisik, mental, sosial dan spiritual pencari nafkah tambahan dalam keluarga.



6 komentar:

  1. owhh....ternyata latar belakang keluarga begitu tho....dampaknya luar biasa juga....:)

    BalasHapus
  2. panjang bgt blognya .keluarga yg seperti apa yang bisa dikatakan bahagia?

    BalasHapus
  3. sakinah mawada warrohmah hahahah

    BalasHapus
  4. mksh mba.smga bs lbh brkmbng blognya

    BalasHapus
  5. iyah terimasih juga ....... :)

    BalasHapus